Pelatihan Teknis Tematik ALSINTAN — P4S Sejahtera Kab. Soppeng

Antusiasme petani mengikuti Pelatihan Teknis Tematik Bagi Non Aparatur (ALSINTAN) yang diselenggarakan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku di P4S Sejahtera, Kabupaten Soppeng, tepatnya di Kec. Marioriwawo

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari. Pelatihan yang diikuti oleh 30 orang peserta dari petani yang berasal dari Kab. Soppeng, Wajo dan Bone

Selama 3 hari berlatih, peserta memperoleh materi secara klasikal serta praktik langsung tentang pengenalan mesin penanam padi (Rice Transplanter), dan penjelasan tentang Traktor Roda 2, dan Traktor Roda 4. Apa saja komponen-komponen yang ada didalamnya, bagaimana pemeliharaannya serta bagaimana mengoperasionalisasikannya.

Fasilitator selama pelatihan yaitu dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku yang sudah ahli dalam penanganan ALSINTAN.

Dengan penggunaan Alsintan baik itu Rice Transplanter, traktor roda 2 , dan roda 4, pengolahan lahan dan panen bisa menjadi lebih cepat dibanding dengan cara manual serta menunjang percepatan tanam dan panen selain itu kinerja akan lebih optimal, serta mendukung swasembada pangan untuk mengoptimalkan alsintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *